Disclaimer

SmartCard UI merupakan kartu multifungsi yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Tujuan utama dari SmartCard UI adalah untuk menciptakan infrastruktur fisik berupa kartu Chip yang dimiliki oleh setiap pengguna IT serta meningkatkan tingkat pelayanan kepada mahasiswa dan staf UI. Chip pada SmartCard UI berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan data spesifik pemilik kartu tersebut dan memiliki sifat sangat rahasia.

SmartCard UI akan terdiri dari 2 wujud fisik yang berbeda, yaitu kartu Mahasiswa dan kartu Pegawai/Staf UI. Walaupun secara fisik berbeda, namun pada prinsipnya fungsi yang tertanam didalam Chip selalu dapat diperbaharui sesuai dengan pengembangan yang dilakukan oleh tim aplikasi SmartCard UI.

Dalam penyelenggaraan SmartCard UI, Universitas Indonesia bertindak sebagai Prinsipal umum yaitu pihak yang hak atas mereknya selain digunakan oleh Universitas Indonesia juga digunakan oleh pihak lain, baik oleh pihak internal organisasi UI (fakultas, lembaga riset, dan lain-lain) atau pun pihak eksternal UI (content provider, bank, dan lain-lain) berdasarkan perjanjian tertulis. Segala peraturan, kebijakan, pengembangan dan pelayanan SmartCard UI dikoordinasi dan dikelola oleh Kantor Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan dan Direktorat Kepegawaian Universitas Indonesia.

Segala aktivitas penggunaan SmartCard UI dimonitor dengan tujuan pengelolaan keamanan dan peningkatan pelayanan.